Sangat Mudah Menemukan Data Pribadi di Internet

Diposting pada

Cara lain untuk memperoleh data pribadi pengguna adalah melalui layanan pengumupul data. Situs seperti www.spokeo.com atau banyak situs serupa lainnya  dapat  mencari orang  dengan cara memasukkan nama Anda atau orang lain. Situs seperti ini sangat terbuka dan tujuan mereka  adalah untuk menemukan dan belajar tentang orang-orang  dengan cara  mengumpulkan dan mengatur informasi pribadi dari buku putih, catatan publik, dan jaringan sosial untuk membantu orang lain. Dengan kata lain, situs-situs seperti  ini  sangat bisa dimanfaatkan oleh penguntit, lembaga koleksi, pemburu bayaran, pelacak, detektif swasta, dan banyak lagi.

Informasi disediakan situs-situs tersebut sangat detail. Anda tidak hanya dapat melihat informasi yang dimasukkan dalam bentuk online, Anda juga dapat melihat foto pribadi, Google Maps gambar rumah Anda, email pribadi, pasangan, kerabat, status pendidikan  dan banyak lainnya. Dengan informasi detail tersebut akan ada orang-orang yang  bebas menguntit Anda dan berpotensi mengganggu.

Perlu diketahui sampai saat ini tidak ada undang-undang di Indonesia mengatur penjualan data. Hal ini makin memperburuk kondisi karena penegak hukum tidak akan bisa menjerat pelaku penjualan data. Untuk itu, Anda disarankan sangat berhati-hati dalam memperlakukan data pribadi anda di internet.

Sumber: Sumber:Internet sehat huffingtonpost.com, 05 April 2017

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *