Google Siapkan YouTube dan Gmail Untuk Anak

Diposting pada

Sebelumnya, sebuah grup advokasi yang berbasis di Amerika Serikat,  Centre for Digital Democracy mengatakan layanan ramah anak bisa menyerang privasi jutaan anak di dunia, kecuali jika dirancang dengan benar.

Bila diperhatikan, terutama di YouTube sangat banyak video X rated bebas ditonton oleh anak-anak. Terlebih lagi dengan makin murahnya gadget seperti tablet dan smartphone, jangkauan video X rated makin meluas. Sementara, kecenderungan orang tua hanya tahu membelikan gadget, mereka hampir tidak pernah mengawasi anak mereka ketika online.

Akibatnya bisa diperkirakan banyak anak-anak yang telah dewasa sebelum umurnya. Tidak jarang mereka meniru apa yang mereka tonton di video YouTube.

Oleh karena itu, bukan hanya layanan yang ramah anak-anak yang harus disediakan, tetapi juga kesadaran orang tua untuk mengawasi anak ketika online sama pentingnya. Apresiasi tentu bisa diberikan kepada Google jika nantinya memang tersedia layanan YouTube dan GMail yang ramah anak, namun hal itu belumlah cukup untuk menghindarkan anak dari konten yang belum seharusnya mereka konsumsi. Orang tua memegang peranan penting dalam hal ini, jauh lebih penting dari adanya layanan yang ramah anak-anak tersebut.

Sumber: Internet sehat The Guardian, 06 April 2017

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *