Era Digital, Humas Harus Ambil Peran Strategis

Diposting pada

Surabaya, Kominfo – “Komunikasi itu sangat penting dan komunikasi adalah tugasnya para Humas. Untuk itu, kita  berkumpul disini adalah bagian dari komunikasi,” kata Henri Subiakto dalam sambutannya pada Forum Badan Koordinasi Kehumasan Pemerintah (Bakohumas) di Surabaya, Rabu (11/04/2019).

Komunikasi dan profesi hubungan masyarakat tidak bisa dipisahkan. Menurut Staf Ahli Menteri (SAM) Komunikasi dan Informatika Bidang Hukum, Henri Subiakto, tanpa komunikasi hubungan yang harmonis, termasuk dalam hubungan industrial tidak dapat terwujud. Apalagi dengan perkembangan teknologi era digital, Humas harus dapat mengambil peran yang strategis.

Dalam acara yang diselenggarakan oleh Kementerian Ketenagakerjaan itu, Henri Subiakto menggambarkan adanya potensi penggantian tenaga kerja manusia oleh teknologi. “Saat ini ada alternatif. Munculnya era digitalisasi yakni adanya teknologi dimana para pekerja semakin lama tergantikan oleh teknologi. Ini ada perkembangan baru yang perlu dipahami oleh insan humas,” katanya.

Peran strategis Humas, menurut Henri Subiakto dapat dilakukan dengan cara menyadarkan masyarakat agar mampu menempatkan diri dengan baik.  “Humas perlu tahu dan mempelajari perkembangan perkembangan seperti ini. Regulasinya, hubungan industrialnya, dan juga bagaimana harus mengambil peran dalam menyadarkan masyarakat agar mereka profesional baik dalam menuntut hak-haknya. (Masyarakat) mampu menempatkan dirinya, begitu juga perusahaan pengusaha tidak menjadi agen-agen kapitalis yang hanya mengakumulasi keuntungan tapi juga memperhatikan buruh karena buruh adalah sumberdaya manusia yang akan menjadi kekuatan perusahaan jika di-manage dengan baik,” ulasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *