Dukung Inovasi, Menkominfo Pastkan Internet Lancar

Diposting pada

Kominfo – Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyatakan ekonomi digital memberikan ruang luas bagi anak muda Indonesia untuk berinovasi menciptakan peluang bisnis. Sebagai bentuk dukungan, Rudiantara akan memastikan jaringan internet di Indonesia berjalan lancar.

“Untuk itu pemerintah, pemain bisnis, dan pelaku kunci lainnya dalam ekosistem kewirausahaan harus bersinergi dalam memberdayakan kreator lokal yang unggul dan berdaya saing tinggi,” ungkapnya dalam MakerFest 2018 di Kawasan Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta, Minggu (16/12/2018).

Rudiantara mengapresiasi gelaran MakerFest karena membua peluang untuk merealisasikan ide kreatif bagi generasi muda.

“Makerfets merupakan sarana yang tepat untuk memberikan panggung offline dan online untuk merealisasikan ide usaha kreatif mereka. Mereka-lah yang akan menjadi penggerak Indonesia untuk menjadi kekuatan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara pada tahun 2020,” jelasnya.

Menteri Rudiantara mendukung langkah Tokopedia untuk memajukan produk-produk lokal. Bahkan sebagai salah satu bentuk dukungan, Menteri Kominfo berupaya memastikan jaringan internet di Indonesia berjalan lancar. “Yang saya lakukan adalah mendukungnya dengan membuat internet tidak lemot,” kata Rudiantara.

Acara itu digagas Tokopedia untuk para usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk berinovasi dan berkreasi.  “Gerakan ini menandai komitmen kami agar semakin banyak lahir brand-brand masa depan Indonesia,” jelas CEO Tokopedia William Tanuwijaya. 

Pengusaha UMKM datang dari delapan kota, antara lain Medan, Padang, Jakarta, Surabaya, Makassar, Yogyakarta, Bandung dan Denpasar. Makerfest sendiri telah menseleksi 1.500 UMKM dari 8 kota tersebut dan menyaringnya hingga menjadi 24 UKM.

Sapaan Ala Freddie Mercury

Dalam acara itu, Menteri Rudiantara menirukan gaya vokalis Queen, Freddie Mercury, saat berada di atas panggung. Dengan mengenakan kemeja berwarna gelap, Rudiantara menyapa ribuan pengunjung yang kebanyakan adalah anak muda. “Eeeeooooo…,” teriak Rudiantara.

Penonton secara spontan mengikuti ucapan Rudiantara itu. Dia kemudian mengulangi teriakan itu berkali-kali, serupa dengan gaya yang kerap ditampilkan oleh Freddie Mercury kala menyapa penggemarnya saat pergelaran konser.

Hadir dalam acara ituk Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf, serta Dirjen Industri Kecil dan Menengah Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih.

Bersama dengan CEO Tokopedia William Tanuwijaya dan Presiden Direktur JNE Mohamad Feriadi, mereka mendeklarasikan Gerakan Bangga Kreasi Lokal. Ini merupakan gerakan yang dipelopori oleh Tokopedia, di mana para pegawai diharuskan untuk mengenakan beragam kreasi lokal saat ke kantor setiap hari Jumat.

Kepala Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) Triawan Munaf menambahkan Makerfets juga akan berkontribusi besar bagi pendapatan negara. Hal ini yang melatarbelakangi lahirnya Makerfest dan Gerakan Bangga Kreasi Lokal yang bertujuan mendorong masyarakat Indonesia untuk lebih bangga menggunakan kreasi lokal.

“Melalui MakerFest kami berharap para makers bisa diapresiasi di negeri sendiri,” pungkasnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *