Belum Optimal, Kemkominfo Ingatkan Lima Tugas Humas Pemerintah

Diposting pada

JAKARTA – Peran biro hubungan masyarakat (humas) dalam sebuah pemerintahan sangat vital. Sebab, tanpa peran biro humas yang baik, sebagus apapun kinerja pemerintah tidak akan diketahui oleh publik, sehingga terkesan pemerintah tidak bekerja.

Terkait itu, dalam Seminar Nasional Komunikasi Strategis Pemerintah yang diselenggarakan oleh Kemkominfo dan Kemensetneg di Gedung Dhanapala Kemenkeu, Jakarta, Senin (16/4/2018), Kemkominfo kembali mengingatkan lima tugas utama biro humas pemerintahan.

“Kita tahu tugas dari GPR, Government Public Relations, baik di kementerian, lembaga, BUMN, dinas kominfo, ataupun semua yang ada di kehumasan, yang pertama adalah sosialisasi program pemerintah, dan tadi bapak Presiden mengatakan sosialisasi kita sangat kurang sekali,” kata Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemkominfo Rosarita Niken Widiastuti.

Lebih lanjut dijelaskannya dalam seminar yang dihadiri seluruh biro humas pemerintah se-Indonesia itu, tugas sosialisasi dinilai masih kurang optimal karena terlalu sibuk untuk merespons atau menjadi “pemadam kebakaran”.

“Tapi sosialisasi (program pemerintah) dengan iklan layanan masyarakat itu sangat rendah sekali. Kurang dari separuh kementerian/lembaga yang membuat produk-produk iklan layanan masyarakat yang mudah dicerna, dengan bahasa yang sederhana, seperti yang disampaikan bapak Presiden,” jelas Niken.

Kemudian tugas yang kedua adalah edukasi, yang menurut Niken juga harus terus dilakukan. Dan tugas selanjutnya adalah kampanye program-program prioritas pemerintah.

“Iklan layanan masyarakat soal Kartu Indonesia Sehat, Kartu Indonesia Pintar, Dana Desa, dan lain sebagainya yang kita putar tadi, itu juga merupakan salah satu bentuk kampanye program prioritas pemerintah,” imbuhnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *