Tim Berners-Lee Inginkan Regulasi Lebih Ketat Iklan Politik Online

Diposting pada

Menurut Tim Berners-Lee, iklan tetarget memungkinkan kampanye mengatakan hal yang sama sekali berbeda, mungkin hal yang bertentangan dengan kelompok yang berbeda. Kurangnya regulasi dalam iklan online politik adalah salah satu dari tiga tren yang mengancam keterbukaan web. Dua lainnya adalah hilangnya kontrol atas data pribadi pengguna dan penyebaran informasi yang salah secara online.

Data pribadi adalah harga yang dibayarkan pengguna untuk setuju menggunakan layanan online gratis, namun pengguna membiarkan perusahaan besar seperti Google, Facebook dan Amazon memanen data mengontrol informasi.

Hal yang lebih mengerikan adalah efek samping yang lebih merusak dari agregasi data tersebut. Pemerintah semakin bisa menonton setiap gerakan individu secara online dan mengesahkan undang-undang seperti Investigatory Powers Act di Inggris yang melegalkan berbagai cara mengintip dan hacking tools yang digunakan oleh layanan keamanan yang menginjak-injak hak privasi pengguna.

Sumber: Internet sehat The Guardian, 16 Maret 2017

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *