Warning: Attempt to modify property of non-object in /home/kis514k/public_html/wp-content/plugins/search/search.php on line 71
Tim Berners-Lee Inginkan Regulasi Lebih Ketat Iklan Politik Online – Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Siak Komunikasi Lancar Informasi Benar

Tim Berners-Lee Inginkan Regulasi Lebih Ketat Iklan Politik Online

  • 0

Tim Berners-Lee Inginkan Regulasi Lebih Ketat Iklan Politik Online

Category : Pengumuman

Sir Tim Berners-Lee, penemu world wide web menyerukan regulasi yang lebih ketat terhadap iklan politik online yang menurutnya sedang digunakan dalam yang cara tidak etis. Menurutnya blind spot di internet ini harus segera ditutup dalam regulasi kampanye politik.

Ilmuwan komputer Inggris berusia 61 tahun tersebut menggambarkan bagaimana iklan politik telah menjadi industri yang canggih dan ditargetkan berbasis pada kolam besar data pribadi di Facebook dan Google. Hal ini berarti bahwa kampanye tersebut bisa membuat iklan tepat sasaran bagi individu. Hal ini dibuktikan dengan adanya 50.000 variasi iklan setiap hari di Facebook selama pemilu AS 2016.

Hal ini dapat menjadi tidak etis ketika pemilih diarahkan ke situs berita palsu dan menggunakan pesan untuk mencegah orang dari memilih, seperti yang dilakukanTrump lakukan dengan kelompok-kelompok tertentu yang mendukung kemenangan untuk Hillary Clinton.

Menurut Tim Berners-Lee, iklan tetarget memungkinkan kampanye mengatakan hal yang sama sekali berbeda, mungkin hal yang bertentangan dengan kelompok yang berbeda. Kurangnya regulasi dalam iklan online politik adalah salah satu dari tiga tren yang mengancam keterbukaan web. Dua lainnya adalah hilangnya kontrol atas data pribadi pengguna dan penyebaran informasi yang salah secara online.

Data pribadi adalah harga yang dibayarkan pengguna untuk setuju menggunakan layanan online gratis, namun pengguna membiarkan perusahaan besar seperti Google, Facebook dan Amazon memanen data mengontrol informasi.

Hal yang lebih mengerikan adalah efek samping yang lebih merusak dari agregasi data tersebut. Pemerintah semakin bisa menonton setiap gerakan individu secara online dan mengesahkan undang-undang seperti Investigatory Powers Act di Inggris yang melegalkan berbagai cara mengintip dan hacking tools yang digunakan oleh layanan keamanan yang menginjak-injak hak privasi pengguna.

Sumber: Internet sehat The Guardian, 16 Maret 2017


Leave a Reply