Taukah Anda Sejarah Adanya Internet Sehat ?

Diposting pada

Salah satu penyalahgunaan tersebut misalnya untuk keperluan sekedar mendapatkan proyek ini-itu berkedok sosialisasi, untuk kepentingan pribadi atau segelintir kelompok tertentu, dengan seolah-olah peduli dan paham semangat mendasar dari Internet Sehat.

– Hak atas Kekayaan Intelektual

Untuk menjaga koridor Internet Sehat itulah, maka ICT Watch sebagai pencetus awal nama, konsep dan ide Internet Sehat, telah mendaftarkan secara resmi hak atas kekayaan intelektual “Internet Sehat” ke Direktorat Jenderal Hak atas Kekayaan Intelektual (Ditjen HaKI), dengan hasil sbb:

  1. ICT Watch adalah pemegang hak penggunaan nama/merek “INTERNET SEHAT” berdasarkan keputusan Dirjen HAKI, Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia. Kata “INTERNET SEHAT” telah terdaftar sebagai merek pada Dirjen HAKI pada tanggal 21 Oktober 2010, dengan nomor pendaftaran IDM00276610.
  2. Adapun sebagian dan/atau keseluruhan konten di buku Internet Sehat ini (dalam bentuk hardcopy/ cetak maupun softcopy/digital), termasuk nama “Internet Sehat”, telah dilindungi dan didaftarkan hak ciptanya berdasarkan surat yang dikeluarkan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Indonesia pada tanggal 9 April 2010, dengan nomor pendaftaran 046497.

Silakan baca selengkapnya Lisensi Internet Sehat.

– Posisi dengan Pemerintah

Pada Februari 2008, posisi dan sikap ICT Watch atas Internet Sehat tersebut di atas sudah didiskusikan langsung kepada pemerintah, dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), sebagai salah satu pihak yang juga menggulirkan program dengan nama serupa, “Internet Sehat” berlandaskan pada SK Menkominfo No. 28/KEP/M/Kominfo/1/2009 tentang Tim Sosialisasi Internet Sehat.

Risalah diskusi antara ICT Watch dan pihak Kemkominfo tersebut dapat dibaca di:

[Tim Internet Sehat]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *