Simply Secure untuk Keamanan Online yang Lebih Mudah

  • 0

Simply Secure untuk Keamanan Online yang Lebih Mudah

Category : Pengumuman

Tidak dapat dipungkiri keamanan online masih merupakan masalah paling mengkhawatirkan bagi pengguna internet. Meskipun cukup banyak tools untuk meningkatkan keamanan online tersebut, ternyata sebagian besar pengguna malah tidak menggunakan tools yang disarankan karena tools tersebut tidak ramah pengguna, misalnya sistem otentifikasi dua faktor yang banyak diterapkan layanan di internet.

Untuk mengatasi ini, Google dan penyedia layanan penyimpanan file online, Dropbox membentuk sebuah organisasi/perusahaan yang disebut dengan Simply Secure yang bertujuan untuk membuat teknologi keamanan lebih mudah digunakan.

Dalam rilis yang diumumkan kemarin, Simply Secure mengatakan bahwa alat-alat keamanan online tersedia  dan secara teknis efektif untuk meningkatkan keamanan online. Namun demikian alat-alat keamanan tersebut memiliki tingkat adopsi yang rendah (sedikit digunakan oleh pengguna internet) karena  tidak nyaman digunakan atau terlalu membingungkan bagi kebanyakan pengguna untuk menggunakannya. Fitur seperti otentikasi dua faktoryang ditawarkan oleh banyak layanan online bahkan terkenal tidak banyak digunakan.

Sementara tantangan keamanan online terus meningkat. Bocoran Edward Snowden dan foto-foto telanjang selebritis yang bocor beberapa waktu yang lalu merupakan bukti nyata betapa lemahnya keamanan online dikarenakan alat-alat yang tidak nyaman digunakan.

Tidak peduli seberapa efektif alat-alat keamanan yang tersedia, orang tidak akan menggunakannya kecuali alat-alat tersebut lebih mudah diakses dan dipahami. Pengguna perlu opsi sederhana untuk keamanan yang lebih kuat yang tersedia di ujung jari.

Untuk sementara ini, Simply Secure belum merilis produk apa yang sesuai dengan tujuan mereka. Simply Secure bekerja sama dengan Open Technology Fund, University College London, dan World Wide Web Consortium untuk menemukan lebih banyak cara yang ramah konsumen untuk meningkatkan keamanan.

Tentu kerja sama ini sesuatu yang patut diapresiasi. Selama ini alat-alat untuk meningkatkan keamanan online tersedia, namun terlalu sulit untuk digunakan sehingga pengguna enggan menggunakannya. Dengan membuat alat-alat keamanan online yang lebih mudah digunakan, diharapkan pengguna akan banyak menggunakannya sehingga keamanan online mereka meningkat.

Sumber: Internet sehat The Guardian, 07 April 2017


Leave a Reply