Sekitar 15% dari Pengguna Twitter adalah Bot

Diposting pada

twitterbot 20160401 300x169 - Sekitar 15% dari Pengguna Twitter adalah Bot

Akun bot atau akun program komputer di Twitter bukanlah isu baru. Sudah sering kita mendengar jumlah akun bot, tidak hanya di Twitter, tetapi juga di layanan media sosial lain seperti Facebook. Namun tampaknya akun bot di Twitter lebih menarik perhatian sehingga cukup banyak penelitian yang membahasnya. Salah satu penelitian terbaru adalah dari para peneliti dari Center for Complex Networks and Systems Research, Indiana University, Bloomington, AS dan Information Sciences Institute, University of Southern California, Marina del Rey, California, AS.

Akun bot bukan sesuatu yang selalu berasosiasi dengan hal yang negatif. Banyak akun bot, seperti akun bot banjir yang cukup populer di Indonesia memberikan manfaat dan peringatan tentang musibah banjir. Lalu seberapa banyak akun bot di Twitter?

Para peneliti dari kedua universitas di atas telah menemukan bahwa hingga 15 persen dari pengguna Twitter adalah bot. Dengan jumlah pengguna aktif sebesar 319 juta diperkirakan bahwa 48 juta dari pengguna aktif ini adalah program komputer atau bot.

Penelitian yang dilakukan oleh University of Southern California menggunakan 1.150 fitur dari enam kelas untuk melacak akun yang dijalankan oleh bot. Fitur tersebut mencakup data seperti konten dan sentimen tweet, pola jaringan dan aktivitas segaris waktu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *