Satukan Nusantara, Pemerintah Terinspirasi Semangat Bung Karno

Diposting pada

kominfo rudiantara infrastruktur digital 1 0 200x135 - Satukan Nusantara, Pemerintah Terinspirasi Semangat Bung KarnoEnde, Kominfo – Usai melakukan kunjungan kerja dalam rangka meninjau utilisasi akses internet di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), Menteri Rudiantara menyempatkan waktunya berkunjung ke Patung Bung Karno, Senin (25/03/2019).

Patung Bung Karno ini berlokasi di kecamatan Kota Raja, Kabupaten Ende. Berhadapan persis dengan rumah Pengasingan Bung Karno kala itu saat diasingkan penjajah.

Pada kesempatan tersebut, Menteri Rudiantara menitipkan pesan kepada masyarakat Indonesia. Khususnya generasi muda, untuk saling bertukar pikiran dalam membangun Indonesia kedepannya.

“Kaum muda Indonesia, para warganet Indonesia, Saya sekarang ada di lokasi di mana dahulunya Bung Karno sewaktu muda dibuang ke Ende, Bung Karno senang berdiskusi disini dengan para misionaris, bertukar pikiran,” kata Menteri Rudiantara

Menteri Rudiantara menceritakan jejak perjalanan Bung Karno sewaktu muda. Semangat dan rasa kecintaan Bung Karno kepada Indonesia. Meskipun pada saat itu, diasingkan dan dibuang oleh para penjajah selama empat tahun lamanya.

“Bayangkan, pada saat itu sudah diasingkan. Tapi bagi Bung Karno itu, bukan berarti mematikan semangatnya. Justru secara filosofis, Bung Karno mencoba menyatukan perbedaan-perbedaan di Indonesia,” ucap Menteri Rudiantara

Lanjut Menteri Rudiantara, selama Bung Karno di Ende, waktunya banyak dimanfaatkan untuk berdiskusi dengan para misionaris. Diskusi seputar bagaimana menyatukan Indonesia dari perbedaan agama, budaya, suku dan lainnya.

Dari cerita sejarah Bung Karno itulah, kata Menteri Rudiantara, muncul pemikiran-pemikiran untuk menyatukan Indonesia. Dalam hal ini mempersatukan Indonesia secara fisik, yakni dengan membangun infrastruktur telekomunikasi untuk akses internet kecepatan tinggi di seluruh Indonesia.

“Inilah yang kita (pemerintah) siapkan untuk mempersatukan Indonesia dengan internet, yang penting bagi anak muda, ber-internet dimana saja di seluruh Indonesia, bukan sesuatu hal yang sulit nanti, dan itu merupakan hak semua warga negara,” pungkasnya.**

Sumber : kominfo.go.id, 28 Maret 2019

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *