Ponsel Aman Digunakan di Seluruh Penerbangan

  • 0

Ponsel Aman Digunakan di Seluruh Penerbangan

Category : Teknologi Terkini

Setiap kali melakukan penerbangan, penumpang diminta untuk mematikan ponsel atau memilih untuk mengaktifkan mode penerbangan. Alasan yang sering sekali digunakan maskapai penerbangan adalah demi keselamatan. Beraktifitas dengan ponsel, misalnya melakukan panggilan, menerima dan mengirimkan SMS atau kegiatan lainnya seperti browsing internet dipastikan tidak bisa dilakukan.

Namun, tidak lama lagi (tergantung kepada maskapai) larangan ini mungkin akan segera menjadi usang. Penumpang pesawat akan dapat menggunakan ponsel mereka di pesawat, asalkan maskapai memilih untuk mengizinkannya, setelah regulator penerbangan Eropa memutuskan bahwa hal tersebut tidak menimbulkan risiko bagi keamanan pesawat.

Penumpang pesawat dapat menggunakan ponsel mereka di seluruh penerbangan setelah Badan Keselamatan Penerbangan Eropa (European Aviation Safety Agency, EASA) memutuskan bahwa hal tersebut tidak menimbulkan risiko bagi keselamatan pesawat.

Berdasarkan aturan saat ini semua penumpang harus beralih ke mode pesawat selama take off dan landing sehingga mematikan semua pemancar dan penerima. Akibatnya ponsel tersebut  tidak lebih dari komputer genggam dan tidak mampu membuat panggilan telepon, mengirim pesan teks atau mengirim data.

Namun, saat ini EASA telah mengeluarkan petunjuk baru yang memungkinkan maskapai penerbangan untuk mengubah peraturan mereka sendiri dan memungkinkan ponsel untuk digunakan di seluruh penerbangan.

Dengan petunjuk baru tersebut, apakah ponsel dapat digunakan selama penerbangan akan sangat tergantung kepada setiap maskapai untuk memutuskan apakah mau atau tidak membolehkan penggunaan ponsel di pesawat dan setiap maskapai  harus melalui proses penilaian sendiri untuk memastikan bahwa sistem pesawat mereka tidak terpengaruh dengan cara apapun oleh sinyal transmisi.

Setelah setiap maskapai menyelesaikan penilaian keamanan tersebut mereka harus memasang peralatan tambahan untuk menyediakan penumpang sinyal pemancar karena ponsel tidak dapat dicapai ketinggian jelajah yang pesawat modern.

Dengan adanya petunjuk yang dikeluarkan oleh EASA tersebut pada dasarnya menggunakan ponsel di seluruh penerbangan (tidak terkecuali take off dan lading) tidak menimbulkan risiko keamanan bagi pesawat. Namun apakah petunjukan baru tersebut dapat dilaksanakan, sangat tergantung kepada maskapai. Untuk Indonesia, kita patut penunggu aturan penggunaan ponsel ini dapat diimplementasikan segera oleh maskapai penerbangan.

Sumber: Internet sehat The Telegraph, 07 April 2017


Leave a Reply