Pencitraan Sebagai Komponen Penting Pariwisata

Diposting pada

BERDESA.COM – Salah satu komponen penting pembangunan industri pariwisata adalah pencitraan (image) di samping pembangunan infrastruktur dan regulasi yang suportif. Saat ini, pencitraan bisa menjadi strategi marketing yang handal bagi industri pariwisata.

Dengan pencitraan, suatu daerah wisata bisa membangkitkan minat dan antusiasme wisatawan untuk berkunjung. Dengan pencitraan, daerah wisata mampu meyakinkan calon wisatawan bahwa daerah wisata yang akan dikunjungi merupakan daerah yang menyenangkan, aman, ramah, humanis, mencerdaskan, memberi hikmah yang singkat kata adalah layak dikunjungi.

Pencitraan bisa dilakukan melalui kesenian dan tradisi budaya seperti Upacara Kasada, Petik Laut, Sedekah Laut/Bumi, Seren Taun, Tea Bel, Sisingaan dan banyak lainnya. Semua bisa digunakan sebagai alat pencitraan bagi industri pariwisata kita.

Karakter masyarakat yang ramah dan humanis adalah pencitraan bagi pariwisata. Karena begitu pentingnya pencitraan, banyak daerah yang terus mendorong dan mengembangkan  kesenian, tradisi dan budaya yang berkearifan lokal baik yang sudah berjalan turun temurun maupun kontemporer melalui acara semacam festival budaya tahunan atau dua tahunan yang telah menjadi agenda tetap pariwisata.

Bisa dibilang, gairah membangkitkan kesenian, tradisi budaya yang mengandung kearifan lokal di berbagai daerah di nusantara beberapa tahun terakhir yang ditonjolkan dalam pariwisata cukup berhasil mendongkrak angka kunjungan wisatawan dan perekonomian masyarakat di sekitar daerah wisata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *