Pemkab Siak Ikuti Aturan Dewan Pers Soal Kerjasama Media

Diposting pada

Bupati Siak sendiri mengaku sudah berkonsultasi dengan Anggota Dewan Pers di Jakarta terkait aturan baru yang akan diberlakukan mulai tahun ini tentang kerja sama dengan media massa dalam bentuk penerbitan berita/artikel sponsor yang populer disebut advertorial atau pariwara.

“Saya kemarin sempat bincang-bincang dengan Anggota Dewan Pers. Mereka mengingatkan agar pemerintah daerah bekerja sama dengan media yang sudah terverifikasi,” kata dia di hadapan seluruh wartawan yang bertugas di Kabupaten Siak, saat acara coffe morning, Jumat (27/1/17).

Orang nomor satu di Kabupaten Siak mengaku tidak berani mengambil resiko jika perusahaan pers belum terverifikasi Dewan Pers untuk kerjasama.”Kita ikut aturan Dewan Pers saja. Saya tak berani ambil risiko. Kalau tak terverifikasi Dewan Pers, saya minta maaf,” tandas Syamsuar.

Bukan tanpa alasan, maraknya pemberitaan yang tidak sesuai dengan fakta dan menyudutkan sejumlah pihak menjadi salah satu dasar pihak Pemkab melalui Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Siak memperketat kerja sama dengan media massa itu.

Bahkan, untuk mengantisipasi hal itu, Diskominfo Siak akan mengacu pada peraturan yang diterbitkan Dewan Pers terkait kerjasama publikasi dengan perusahan media. “Saat ini, kita masih menunggu keputusan Dewan Pers terkait kerjasama publikasi dengan perusahan media,” ujar Bupati Siak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *