Menkominfo Himbau Kabupaten dan Kota Menyampaikan Hasil Kerja Dengan Kreatif dan Menarik

Diposting pada
Penyampaian hasil kerja pemerintah menjadi hal yang sangat diperhatikan dalam memajukan dan mengembangkan suatu provinsi, kabupaten dan kota, Senin (05/02/2018)
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menantang pemerintah provinsi, kabupaten dan kota menyampaikan hasil kerja pemerintah dengan cara yang kreatif dan menarik.

“Apa yang harus dilakukan untuk menyampaikan hasil kerja pemerintah agar dapat diterima oleh publik dan dapat melekat, dan juga sekaligus menangani isu yang berkembang,” katanya dalam Forum bertema Tantangan dan Pendekatan Komunikasi Publik di Era Digital, di Lampung, Senin (05/02/2018).

Pendekatan dan cara penyampaian komunikasi pemerintah perlu diperhatikan dan  disesuaikan dengan khalayaknya. Pada saat bersamaan juga dibangun komunikasi yang kredibel dan informasi akurat yang disampaikan ke publik.

Pendekatan tunggal tidak dapat menjangkau semua publik,  komunikasi yang dilakukan sendiri tidak akan efektif. untuk itu, Kominfo juga turun ke bawah dengan pertemuan langsung, karena belum semua masyarakat punya akses ke media sosial, internet atau ponsel,” ujar Rudiantara.

Menteri Kominfo juga mengingatkan agar kemasan pesan disajikan secara menarik. Bahkan ia menyontohkan bagaimana cara pemuka agama berkomunikasi . “Beberapa hari lalu saya ke Cirebon, disana saya bicara berjam-jam mungkin belum baru sebagian yang mengerti. Tapi kalau pas Pak Kyainya bicara atau bahkan berdehem saja, para santri sudah bisa mengerti,” paparnya seraya memanfaatkan kearifan lokal untuk berkomunikasi kepada masyarakat.

Dalam pandangan Menteri Rudiantara, banyak potensi yang ada di daerah kemudian hasil kerja pemerintah yang perlu dikomunikaskan dengan baik. “Ada banyak media sosial kementerian dan lembaga, dari sisi kredibilitas sudah ada. Nah Bapak dan Ibu tinggal buat akun media sosial, follow akun pemerintah dan bantu sebarkan informasi yang baik dengan cara semenarik mungkin” terangnya.

 

Sumber : Biro Hub. Masyarakat Kemenkominfo 06 Februari 2018.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *