Mari Berpartisipasi dalam Dialog Tata Kelola Internet Indonesia

Diposting pada

rsz logo id igf 300x171 - Mari Berpartisipasi dalam Dialog Tata Kelola Internet Indonesia

Tata kelola Internet terbilang kompleks karena melibatkan sedemikian banyak isu, pelaku, mekanisme, prosedur juga instrumen. Sifat dari tata kelola internet, diwarnai oleh sejumlah kemungkinan yang bisa mempercepat proses perubahan dan sederet tantangan yang menentukan tujuan pengembangan kebijakan untuk alasan tertentu.

Termasuk di Indonesia, perlu adanya tata kelola Internet Indonesia yang dirumuskan bersama oleh pemangku kepentingan majemuk (multi-stakeholder), yaitu dari unsur pemerintah, sektor swasta, organisasi masyarakat sipil, akademisi dan komunitas teknis. Harapannya, dengan semangat dialog yang kolaboratif, egaliter dan inklusif antar berbagai pihak, maka penyusunan, pelaksanaan dan pengawasan tata kelola internet di Indonesia akan menjadi lebih baik ke depannya.

Tata kelola Internet yang professional, transparan dan akuntabel akan dapat mendorong pemaksimalan potensi manfaat dan dampak positif internet untuk masyarakat Indonesia, serta meminimalisir potensi kerugian dan dampak negatifnya.

Untuk mencapai tujuan tersebut diharapkan pemangku kepentingan majemuk yang terdiri dari unsur pemerintah, sektor swasta, organisasi masyarakat sipil, akademisi dan komunitas teknis perlu duduk bersama untuk berdialog.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *