Kabupaten Siak Tampilkan Tari Olang-olang Pada Karnaval Pawai Budaya

Diposting pada

Tampil berbusana melayu bertanjak serta diiringi ratusan jajaran berpakaian adat nusantara, Alfedri bersama Forkopimda Siak dan Sekretaris Daerah Kab Siak, mengikuti Karnaval Pawai Budaya Sempena Hari Sumpah Pemuda ke 91 Tahun 2019 tingkat Provinsi Riau, Sabtu (19/10/2019) di Pekanbaru.

Ditemani sang istri, Bupati Alfedri mengikuti pawai dari garis keberangkatan di Jalan Sumatera hingga jalan Kartini. Ia berjalan di barisan depan sebelum kendaraan hias berbentuk rumah adat dan Istana Siak.

“Pawai budaya ini merupakan salah satu sarana memperkenalkan kepada masyarakat Riau, bahwasanya di Kabupaten Siak memiliki suku-suku asli dan beragam budaya dari daerah lain”, kata Alfedri.

Hal ini lanjutnya, dibuktikan dengan penampilan seni tradisi Tarian Olang-olang yang ditampilkan oleh masyarakat Kecamatan Dayun. Kemudian barisan Pakaian Adat Nusantara yang menggambarkan kebhinnekaan masyarakat Kabupaten Siak yang telah terjalin sejak era Kesultanan Siak.

Ia menuturkan, di masa lalu masyarakat Negeri Istana yang multikultur dan multietnis hidup harmonis dan berdampingan, di bawah payung panji budaya melayu di bawah kepemimpinan Sultan-sultan Siak yang arif dan bijaksana. Hal ini sesuai dengan semangat peringatan sumpah pemuda, Bhinneka Tunggal Ika, Berbeda-beda Namun Satu Jua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *