Isi Ulang Baterai Ponsel dalam 120 Detik

  • 0

Isi Ulang Baterai Ponsel dalam 120 Detik

Category : Teknologi Terkini

Masalah besar yang melingkupi perangkat bergerak yang terhubung dengan internet adalah daya tahan baterai dan waktu isi ulang yang cenderung lama meskipun sudah ada teknologi fast charging. Namun, apa yang ditemukan peneliti Singapura baru-baru ini bisa menjadi jawaban untuk impian setiap pengguna, yaitu baterai yang dapat diisi ulang hanya dalam waktu 120 detik.

Para peneliti di Singapura mengatakan bahwa ultra fast charging baterai milik mereka dapat diisi ulang hingga 70 persen hanya dalam dua menit. Baterai tersebut juga bertahan sepuluh kali lebih lama dari baterai saat ini.

Para ilmuwan di Nanyang Technology University (NTU) mengatakan terobosan tersebut memiliki dampak luas pada semua industri, terutama untuk kendaraan listrik, di mana pengguna tertunda oleh waktu isi ulang baterai yang lama dan daya tahan baterai yang terbatas. Pengemudi kendaraan listrik bisa menyelamatkan puluhan ribu biaya penggantian baterai dan dapat mengisi ulang mobil mereka hanya dalam hitungan menit.

Mobil listrik akan dapat meningkatkan jangkauan mereka secara dramatis dengan waktu isi ulang hanya lima menit yang setara dengan waktu yang dibutuhkan untuk memompa bensin untuk mobil saat ini.

Dalam baterai baru yang dikembangkan NTU tersebut, graphite yang secara tradisional digunakan untuk anoda (kutub negatif) dalam baterai lithium-ion diganti dengan bahan gel baru yang terbuat dari titanium dioksida.

Titanium dioksida merupakan bahan yang jumlahnya berlimpah, murah dan aman yang ditemukan di dalam tanah. Hal ini biasanya digunakan sebagai aditif makanan atau lotion tabir surya untuk menyerap sinar ultraviolet yang berbahaya. Tim NTU telah menemukan cara untuk mengubah titanium dioksida menjadi nanotube kecil yang seribu kali lebih tipis dari diameter rambut manusia. Hal ini mempercepat reaksi kimia yang terjadi dalam baterai baru sehingga memungkinkan untuk pengisian supercepat.

Tentu hasil penelitian ini sangat layak untuk ditunggu dan digunakan pengguna secepat mungkin. Dengan masa isi ulang hanya 120 detik bisa dibayangkan betapa senangnya pengguna smartphone atau tablet atau bahkan pengguna mobil listrik. Mereka tak perlu lagi menunda pekerjaa atau perjalanan hanya karena harus menunggu isi ulang baterai selesai. Demikian juga, pengguna tidak perlu untuk menggunakan perangkat selagi diisi ulang, sebuah kebiasaan yang berakibat buruk bagi daya tahan baterai.

Sumber: Internet sehat DailyMail, 07 April 2017


Leave a Reply