Hati-hati Menggunakan Wireless Keyboard

Diposting pada

hacker 3010448b 300x187 - Hati-hati Menggunakan Wireless Keyboard

Delapan merek keyboard utama dengan jumlah jutaan perangkat yang digunakan di seluruh dunia terbukti memiliki lubang keamanan yang bisa membuat hacker membaca setiap huruf yang diketikkan dari jarak 100 meter dari korban. Serangan yang disebut KeySniffer tersebut memungkinkan hacker untuk menguping rincian kartu, password, username dan jawaban atas pertanyaan keamanan serta dokumen sensitif lainnya.

Marc Newlin, seorang peneliti di Bastille, perusahaan keamanan IoT yang menemukan cacat tersebut mengatakan bahwa ketika pengguna membeli keyboard nirkabel pengguna berharap bahwa produsen telah merancang dan membangun keamanan ke dalam inti dari produk. Namun, peneliti yang menguji sebanyak 12 produsen keyboard nirkabel menemukan 8 di antaranya rentan, termasuk model dari Toshiba dan HP yang tidak menggunakan Bluetooth untuk menghubungkan ke komputer, melainkan berkomunikasi melalui sinyal radio tidak terenkripsi.

Serangan itu menggunakan peralatan dengan modal kurang dari 100 dollar AS dengan cara memotong sinyal antara keyboard dan penerima USB. Tidak seperti keyboard Bluetooth, tidak ada standar industri untuk orang-orang yang menggunakan sinyal radio, yang berarti produsen dapat membuat pilihan mereka sendiri terkait dengan keamanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *