Hapus Akun, Tetapi Selamatkan Data, Bagaimana Caranya?

  • 0

Hapus Akun, Tetapi Selamatkan Data, Bagaimana Caranya?

Category : Pengumuman

Apakah Anda mulai muak dengan Snapchat? Lelah dengan Twitter? Muak dengan Facebook? Jika “Ya” maka hal ini adalah waktu yang tepat untuk benar-benar menjauhkan diri dari media sosial. Semua layanan online tersebut memungkinkan Anda menghapus akun jika Anda ingin bersih, hidup lebih ramping di online. Bahkan lebih baik, banyak dari layanan tersebut membiarkan Anda mengekspor data untuk disimpan sebelum Anda menghapus akun.

Facebook

Masih ingat ketika Facebook menyenangkan? Mungkin sekitar tahun 2008. Waktu itu mungkin iklan di Facebook belum semasif sekarang sehingga berinteraksi di Facebook menyenangkan. Jika Anda pikir Facebook sudah memuakkan, Anda dapat menghapus akun Facebook Anda secara permanen dengan mengklik Delete My Account. Anda akan mendapatkan masa tenggang singkat, semuanya dijadwalkan akan dihapus dalam waktu 90 hari.

Namun sebelum Anda menghapus akun, ada baiknya menyelamatkan data di Facebook. Facebook membuatnya sangat mudah untuk mendapatkan salinan dari semua aktivitas jaringan sosial Anda sebelum Anda pergi. Pergi ke halaman pengaturan online, kemudian klik General dan Download salinan data Facebook Anda (perintah password akan muncul untuk memastikan Anda). Anda mendapatkan posting, foto, chatting percakapan dan banyak lagi, semua dalam format HTML dan Anda dapat melihat di browser Anda.

Google

Selamat tinggal Google! Jika Anda memutuskan bahwa hari ini adalah waktu yang tepat untuk memutuskan semua hubungan dengan Google, Anda perlu pergi ke halaman akun Anda di web kemudian klik Hapus akun atau services. Opsi berikutnya memungkinkan Anda menghapus beberapa bagian dari akun Google Anda secara terpisah, seperti akun Gmail atau YouTube atau menyingkirkan semuanya sekaligus. Seperti yang mungkin Anda harapkan, Anda harus memasukkan password untuk memastikan bahwa yang meminta tersebut adalah Anda.

Jika Anda memilih untuk menghapus segala sesuatu, Anda akan diberi daftar semua hal yang akan dihapus, mulai dari gambar dalam Google Photos hingga playlist di Google Play Music dan Anda kemudian dapat mengklik Hapus akun untuk mengkonfirmasi pilihan Anda. Pada masing-masing layar ini, Anda juga akan melihat link untuk men-download data Anda.

Data Anda juga dapat diakses dari halaman akun utama dengan mengklik Info pribadi & privasi kemudian gulir ke bawah untuk Download data Anda dan memilih Create archive. Layar berikutnya memungkinkan Anda memilih data yang ingin disimpan (Kalender, postingan blog) dan Anda kemudian dapat memilih jenis file arsip dan metode pengiriman (bahkan dapat disimpan langsung ke Google Drive Anda jika Anda memutuskan untuk tetap memiliki salah satu layanan  Google).

Sumber:Internet sehat the Gizmodo, 05 April 2017


Leave a Reply