Warning: Attempt to modify property of non-object in /home/kis514k/public_html/wp-content/plugins/search/search.php on line 71
Google Siapkan YouTube dan Gmail Untuk Anak – Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Siak Komunikasi Lancar Informasi Benar

Google Siapkan YouTube dan Gmail Untuk Anak

  • 0

Google Siapkan YouTube dan Gmail Untuk Anak

Category : Pengumuman

Kabar bahwa Google tengah mempersiapkan situs YouTube khusus anak-anak berembus lagi. Beberapa hari yang lalu, Wall Street Journal sebagaimana dikutip oleh The Guardian mengabarkan bahwa Google sedang membangun versi baru dari layanannya yang dirancang khusus untuk anak-anak.

Sebagai bagian dari pengembangan tersebut, Google tengah mempersiapkan dua layanan khusus anak-anak sekaligus, yaitu YouTube dan GMail yang akan bisa digunakan oleh anak-anak di bawah 13 tahun dan memungkinkan mereka membuat akun.

Google merasakan kekhawatiran yang sama dengan orang tua jika membiarkan anak-anak bebas menikmati video di YouTube, terutama video X rated dan komentar sumpah serapah yang bertaburan di YouTube.

Versi anak-anak dari layanan baru tersebut akan menyediakan Google dashboard yang memungkinkan orang tua memiliki kendali yang lebih besar terhadap apa yang dilakukan anak ketika online.

Sebelumnya, sebuah grup advokasi yang berbasis di Amerika Serikat,  Centre for Digital Democracy mengatakan layanan ramah anak bisa menyerang privasi jutaan anak di dunia, kecuali jika dirancang dengan benar.

Bila diperhatikan, terutama di YouTube sangat banyak video X rated bebas ditonton oleh anak-anak. Terlebih lagi dengan makin murahnya gadget seperti tablet dan smartphone, jangkauan video X rated makin meluas. Sementara, kecenderungan orang tua hanya tahu membelikan gadget, mereka hampir tidak pernah mengawasi anak mereka ketika online.

Akibatnya bisa diperkirakan banyak anak-anak yang telah dewasa sebelum umurnya. Tidak jarang mereka meniru apa yang mereka tonton di video YouTube.

Oleh karena itu, bukan hanya layanan yang ramah anak-anak yang harus disediakan, tetapi juga kesadaran orang tua untuk mengawasi anak ketika online sama pentingnya. Apresiasi tentu bisa diberikan kepada Google jika nantinya memang tersedia layanan YouTube dan GMail yang ramah anak, namun hal itu belumlah cukup untuk menghindarkan anak dari konten yang belum seharusnya mereka konsumsi. Orang tua memegang peranan penting dalam hal ini, jauh lebih penting dari adanya layanan yang ramah anak-anak tersebut.

Sumber: Internet sehat The Guardian, 06 April 2017


Leave a Reply