Facebook Perkenalkan Login dengan Kunci Fisik

  • 0

Facebook Perkenalkan Login dengan Kunci Fisik

Category : Pengumuman

Facebook telah memperkenalkan langkah keamanan baru yang memungkinkan pemegang akun Facebook menggunakan kunci fisik untuk mengakses profil jaringan sosial mereka. Facebook mengumumkan bahwa mereka sekarang mendukung kunci keamanan FIDO U2F, kunci keamanan fisik yang dicolokkan ke port USB pada komputer dan disadap untuk mengonfirmasi login, bersama dengan password untuk membuka Facebook. Facebook mengatakan bahwa menggunakan kunci fisik ini akan membuat akun kebal terhadap hacker.

Pengguna ponsel juga akan dapat menggunakan teknologi NFC (near field communication) untuk menghubungkan kunci dengan beberapa perangkat Android. Facebook mengatakan mereka masih mengerjakan dukungan untuk aplikasi resmi.

Setelah diaktifkan melalui pengaturan keamanan Facebook, baik kunci fisik dan password dibutuhkan untuk melakukan login. Proses ini biasa dikenal sebagai otentikasi dua faktor sehingga akan membuat hacking jarak jauh ke akun Facebook mustahil dilakukan.

Facebook mengatakan bahwa jika pengguna memiliki kunci keamanan U2F, mereka dapat mendaftar dengan akun mereka melalui pengaturan situs Facebook dan tidak perlu menggunakannya lagi untuk log in ke Facebook di perangkat tersebut sampai mereka menghapus cache browser. Kunci ini juga dapat dibeli secara online dengan harga sekitar 21 dollar AS.

Jaringan sosial Facebook juga akan mempertimbangkan perangkat terpercaya untuk kenyamanan pengguna dan akan memblokir seseorang jika mengakses Facebook dari perangkat lain, kecuali mereka memiliki, baik kunci keamanan maupun password pengguna.

Insinyur keamanan Facebook Brad Hill mengatakan senang bisa menawarkan kunci keamanan sebagai opsi tambahan untuk membuat login Facebook lebih aman dan mengatakan bahwa mereka telah bekerja dengan ahli kunci keamanan, termasuk pembuat Yubikey, yaitu Yubico untuk menciptakan sistem baru. Tim keamanan Facebook  sebelumnya memperkirakan bahwa sekitar 0,06 persen dari akun Facebook atau sekitar 600.000 profil dikompromikan setiap hari.

Sumber:Internet sehat Daily Mail, Engadget, 16 Maret 2017


Leave a Reply