Cara Melindungi Browsing History agar Tak Dijual ISP

  • 0

Cara Melindungi Browsing History agar Tak Dijual ISP

Category : Pengumuman

Baru-baru ini Kongres AS menyetujui aturan baru yang memungkinkan ISP di AS menjual sejarah penelusuran pengguna kepada para pengiklan. Namun tentu saja tidak hanya di AS, di negara lain, potensi dijualnya sejarah penelurusan internet ini ada. Sayangnya kita memang tidak mengetahui, khususnya di Indonesia apakah ada kebijkan yang memungkinkan ISP menjual sejarah penelusuran internet pengguna.

Namun demikian sebelum hal tersebut terjadi (atau telah terjadi namun pengguna tidak mengetahuinya) ada baiknya melindungi sejarah penelusuran internet tersebut. Pertanyaannya, bagaimana caranya?

Gunakan ISP yang Berbeda

Tidak semua ISP ingin memanen data pengguna mereka. Untuk itu mengganti ISP merupakan salah satu cara yang dapat ditempuh. Namun untuk beberapa kondisi hal ini ini tidak bisa dilakukan, misalnya di daerah tertentu hanya ada satu ISP. Jika pun ada dua ISP namun kalau kondisinya sama saja, cara ini tidak bisa dilakukan.

Opt Out

Tanpa adanya aturan privasi, ISP dapat melacak dan menjual data penelusuran pengguna secara default, tetapi ISP harus menawarkan cara bagi pengguna untuk memilih keluar dari hal tersebut. Ini disebut Opt Out. Pengguna harus cerdas dan melakukan penyesuaian agar bisa keluar dari pelacakan tersebut.

Gunakan VPN Berbayar

VPN berfungsi untuk mengalihkan lalu lintas internet dan menyamarkan keberadan komputer, ponsel atau perangkat lainnya ketika melakukan kontak dengan website. VPN juga mengenkripsi informasi yang dikirim di internet sehingga tidak bisa dibaca siapa saja yang ingin mencegat lalu lintas internet termasuk ISP.

VPN yang memiliki reputasi baik tidak akan menjual data penggunanya, tetapi perlu perlu berhati-hati dalam memilih layanan VPN dan menghindari yang gratis. Artinya belilah layanan VPN berbayar. Sayangnya, VPN biasanya memperlambat kecepatan internet dan mencegah pengguna menggunakan beberapa layanan web, seperti Netflix.

Tor
Tor menciptakan perangkat lunak perambaan yang mencegah orang mempelajari lokasi atau melacak situs yang dikunjungi. Hal ini dilakukan dengan memantul lalu lintas web melalui relay dijalankan oleh ribuan sukarelawan di seluruh dunia. Tor merupakan pilihan yang dapat dipertimbangkan dan sangat aman.

Sumber:Internet sehat The Guardian, 05 April 2017


Leave a Reply