Anak 6 Tahun Lebih Jago Teknologi Dibandingkan Orang Dewasa

Diposting pada

Menurut Ofcom, munculnya broadband pada tahun 2000 telah menciptakan generasi digital natives. Lahir di milenium baru, anak-anak ini tidak pernah mengenal zaman kegelapan internet dial up  dan anak-anak termuda bisa belajar bagaimana mengoperasikan smartphone atau tablet sebelum mereka dapat berbicara.

Di Indonesia pun fenomena yang sama bisa kita temui. Anak kecil anda yang usianya 6 tahun atau yang lebih muda jika diberikan gadget seperti tablet atau smartphone akan sangat mudah menguasai gadget tersebut. Terkadang orang tuanya malah terkaget-kaget melihat kemajuan pesat si anak ketika menggunakan gadget yang kadang melampaui orang tua mereka.

Untuk itu, orang tua perlu menanamkan kearifan ke anak semenjak dini ketika menggunakan gadget. Salah satunya adalah dengan menentukan lamanya gadget bisa digunakan oleh anak. Orang tua juga berperan untuk menciptakan kebiasaan baik anak dalam menggunakan gadget dengan menerapkan disiplin dengan mencoba menerapkan aturan. Dan jangan lupa, anak-anak sebaiknya bermain dengan sesama mereka, jangan biarkan mereka larut menggunakan gadget.

Sumber:Internet sehat The Guardian, 07 April 2017

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *