5 Langkah Pengamanan Mobile Data

  • 0

5 Langkah Pengamanan Mobile Data

Category : Pengumuman

Menggunakan perangkat mobile yang selalu terkoneksi internet menimbulkan kekhawatiran tentang keamanan data dalam perangkat mobile tersebut. Ditambah lagi kecenderungan pengguna perangkat bergerak yang selalu tersambung internet tersebut cenderung selalu bertambah setiap tahun. Tentu saja hal ini menjadi sesuatu yang menarik bagi hacker.

Untuk itu, adalah sesuatu langkah yang sangat baik untuk memberikan perlindungan terhadap mobile data tersebut. Terlebih, kini pengguna cenderung memiliki beberapa perangkat mobile yang selalu tersambung ke internet. Bisa dibayangkan, bila mobile data tersebut ditembus oleh hacker akan membua kerugian yang tidak sedikit.

Pengguna harus waspada dan menerapkan lima langkah mudah berikut ini untuk melindungi mobile data.

1. Buatlah PIN

Langkah ini sangat mudah, namun pengguna terlalu malas untuk melakukannya. Bahkan terkadang meskipun membuat PIN atau pattern, namun terlalu mudah untuk ditebak. Untuk itu tentukanlah PIN yang rumit atau pattern yang rumit namun anda bisa mengingatnya dengan mudah. PIN atau pattern ini merupakan perlindungan terdepan bila perangkat mobile anda hilang atau dicuri.

2. Lindungi Password

Password masih merupakan bagian terlemah dari masalah keamanan online. Sering password terlalu mudah ditebak, terlalu gampang dibobol. Kadang malah membuat pengguna kesal karena password yang rumit sulit untuk diingat. Untuk itu anda perlu melindungi password tersebut dengan menggunakan password manager. Gunakan password manager agar anda bisa mengingat password yang rumit.

3. Enkripsi Data Sensitif

Data sensitif seperti kartu kredit, akun di bank, dan banyak data pribadi lainnya perlu diberikan perlindungan yang berbeda. Lakukan enkripsi terhadap data-data sensitif dengan menambahkan perlindungan agar ketika sesuatu terjadi dengan perangkat, data tersebut bisa diselamatkan dari mereka yang tidak berhak.

4. Back Up Data

Hal ini sangat penting. Bila Anda tidak mem-back up data kemungkinan bila data tersebut hilang atau dicuri anda akan kehilangan. Untuk itu anda perlu mem-back up data, apakah dengan layanan cloud atau layanan back up data yang anda buat sendiri. Bila anda menggunakan cloud storage untuk mem-back up data, pastikan berikan password yang kuat agar tak mudah dibobol.

5. Amankan Network

Anda dapat mengontrol jumlah pengguna secara bersamaan yang menggunakan jaringan internet melalui WiFi di rumah, tetapihal tersebut tidak bisa anda lakukan jika menggunakan jaringan WiFi publik. Untuk itu, cobalah untuk menghindari e-banking menggunakan WiFi publik, terutama jika jaringan tidak dilindungi sandi atau password. Untuk menambahkan lapisan keamanan tambahan, Anda dapat membeli Anda virtual private network sendiri (VPN). Hati-hatilah dengan geo tagging dan menggunakan aplikasi seperti Foursquare ketika Anda sedang berlibur atau cuti untuk menghindari kemungkinan kejahatan terjadi di rumah yang anda tinggalkan.

Sumber:Internet sehat Hootsuite, 07 April 2017


Leave a Reply