5 Langkah Mudah Untuk Tetap Aman Ketika Online

  • 0

5 Langkah Mudah Untuk Tetap Aman Ketika Online

Category : Pengumuman

Hacker kini menyerang siapa saja, layanan apa saja. Berita terkini mengabarkan bahwa Yahoo kembali di serang hacker. Kali ini satu miliar pengguna diperkirakan terkena dampaknya. Hal ini menandakan bahwa pengguna harus melindungi diri mereka semaksimal mungkin. Pertanyaannya bagaimana cara melindungi diri tersebut?

Berikut ini 8 langkah agar Anda tetap aman ketika online.

a. Gunakan Password Unik untuk Setiap Layanan

Sering pengguna menggunakan ulang password yang sudah dipakai dalam satu layanan tertentu. Tujuannya agar mudah diingat. Ini bukan sesuatu yang disarankan. Meskipun mudah untuk diingat penggunaan kembali password tersebut berpotensi membuka semua informasi tentang pengguna dari berbagai layanan yang digunakan. Untuk itu, sudah seharusnya pengguna menggunakan password yang berbeda untuk setiap layanan yang berbeda. Gunakanlah password unik untuk setiap layanan. Jangan pergunakan kembali password yang sudah dipakai sebelumnya untuk layanan lain yang telah digunakan karena jika satu akun di-hack maka akun lain pun akan ikut terdampak sehingga akibatnya sangat buruk bagi pengguna.

b. Gunakan Password Manager

Password manager mungkin terbilang baru bagi pengguna biasa. Namun demi keamanan ketika online, sudah seharusnya Anda menggunakan password manager. Password manager ini berfungsi untuk menyimpan password, membuat password unik untuk satu layanan tertentu dan bisa di-sync pada berbagai perangkat.

c. Gunakan Password Acak

Ketika Anda sudah menggunakan password manager, Anda tidak perlu lagi membuat password Anda sendiri. Password manager akan membuatkan sebuah password unik untuk suatu layanan yang akan Anda gunakan. Password manager akan membuatkan password acak yang Anda perlukan.

d. Gunakan Verifikasi Dua Langkah

Banyak layanan kini menggunakan fitur verifikasi dua langkah. Apple, Twitter, Tumblr dan Google telah menyediakan fitur ini, juga Facebook. Untuk itu, sudah seharusnya Anda menggunakan fitur tersebut agar keamanan akun Anda terjamin. Dengan verifikasi dua langkah, Anda akan dikirimkan kode tertentu yang harus Anda masukkan ketika akan menggunakan layanan seperti Google sehingga akun Anda memiliki perlindungan berlapis.

e. Perbarui Software

Penyedia layanan seperti Twitter, Facebook dan Google sering memberikan update software. Hal ini penting untuk menutup celah yang ada di software mereka yang bisa dieksploitasi oleh hacker. Namun sayangnya, pengguna sering abai untuk melakukan pembaruan software. Hal ini membuat pengguna menjadi rentan untuk dieksploitasi. Bila ada pembaruan software, segeralah update software tersebut. Jangan tunggu atau membiarkan update tersebut karena jika tidak melakukan update kemungkinan penyerang bisa memanfaatkan celah yang sebanrnya telah ditutup oleh pembaruan yang dilakukan.


Leave a Reply